|
Lembar Kerja
Siswa
|
Nama Kelompok : 1. 2.
Kelas :
|
Kegiatan 1
|
Setelah
anda membaca dan mempelajari tentang konsep geografi, cobalah anda tuliskan
konsep dasar yang sesuai dengan fenomena yang terjadi
|
No
|
Uraian/Pernyataan
|
Konsep Dasar/Esensial
|
|
1
|
Pak Seno pengusaha dari Jakarta
memiliki lahan 2 Ha di kawasan Puncak yang dijadikan sebagai tempat
peristirahatan
|
|
|
2
|
Dataran rendah mempunyai suhu
lebih tinggi daripada di pegunungan. Oleh karena itu kelapa, padi, cokelat
dan tembakau dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah
|
|
|
3
|
Di daerah yang mudah
mendapatkan air, penduduk cenderung menyebar, sedangkan di pulau Kalimantan,
penduudk tinggal di sepanjang sungai dengan memanfaatkan sungai sebagai lalu
lintas air
|
|
|
4
|
Daerah X di dekat pantai
menjual ikan laut ke darah Y, sedangkan daerah Y sebagai penghasil pangan
menjual beras ke daerah X
|
|
|
5
|
Daerah pegunungan yang memiliki
suhu sejuk dan indah dan dimanfaatkan oleh penduduk sekitarnya untuk
bercocok tanam, sedangkan masyarakat pendatang atau pelancong menjadikannya
sebagai tempat pariwisata
|
|
|
Kegiatan 2
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
8
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mendatar
:
1. Ilmu tentang terjadinya
pergerakan dan distribusi air di bumi
5. Suatu fenomena
mengelompoknya suatu kenampakan atau penduduk menjadi satu bentuk atau struktur
11. Ilmu tentang seluk beluk unsur-unsur
kebudayaan yang dihasilkan dalam kehidupan manusia
12. Konsep geografi yang menggambarkan
perwujudan ketampakan daratan muka bumi
15. Orang yang berperan dalam memperkenalkan
nama geografi
17. Lapisan geosfer yang membahas perairan di
darat maupun di laut
19. Lapisan geosfer yang mengkaji tentang
batuan
23. Konsep geografi yang berkaitan dengan
susunan bentuk atau persebaran fenomena dalam ruang
muka
bumi
24. Ilmu tentang persamaan dan perbedaan
fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan
dan
kelingkungan dalam konteks keruangan
26. Konsep geografi yang merupakan pembatas
alami
27. Konsep Geografi yang menunjukkan derajat
keterkaitan persebaran fenomena di suatu tempat
Menurun :
2.Ilmu
yang mempelajari tentang batuan, bentuk dan struktur serta proses terjadinya
3. Suatu
metode analisis untuk mempelajari eksistensi ruang sebagai wadah untuk mengakomodasi
kegiatan manusia dalam menjelaskan fenomena
geosfer
4. Ilmu tentang dinamika kependudukan
6.
Lapisan geosfer yang mengkaji tentang persebaran makhluk hidup
7. Ilmu
tentang iklim
8. Objek material
geografi yang membahas tentang kehidupan manusia (lapisan manusia)
9. Lokasi
yang berdasarkan garis lintang dan bujur
10.
Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya
13. Objek
material yang mengkaji tentang lapisan udara
14. Ilmu
yang mempelajari tentang cuaca
16.
Konsep geografi yang mengkaji bahwa nilai suatu tempat mempunyai kegunaan yang
berbeda
beda
18.
Konsep geografi yang menunjukkan jarak dan aksesibilitas atau kemudahan
mencapai suatu
tempat tertentu
20. Metode
atau pendekatan dalam menganalisis fenomena geosfer
21. Konsep
geografi yang menunjukan adanya hubungan timbal balik antara tempat yang satu
dengan yang lain
22. Salah
satu konsep geografi yang menunjukkan letak
25.
Lapisan bumi
|
Kegiatan 3
|
Analisislah dan bandingkan kedua gabar tersebut dengan
menggunakan konsep geografi yang sudah kamu pelajari! Konsep geografi apa
sajakah yg ada pada gambar tersebut. Jelaskanlah dengan analisiamu!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
Kegiatan 4
|
Setelah
membaca dan mempelajari materi objek geografi, sekarang giliran kamu mencari
contoh gejala-gejala geografi di dalam kehidupan sehari-hari. Setelah itu kamu
klasifikasikan termasuk ke dalam objek material geografi yang mana!
|
No
|
Objek Material
|
Gejala/Fenomena Geografi
|
|
1
|
Litosfer
|
1.
………………..
2.
………………..
3.
………………..
4.
…………………
5.
………………….
|
|
2
|
Atmosfer
|
1.
……………….
2.
……………….
3.
………………..
4.
………………..
5.
…………………
|
|
3
|
Hidrosfer
|
1.
………………….
2.
………………….
3.
…………………
4.
……………………
5.
……………………….
|
|
4
|
Biosfer
|
1.
………………….
2.
…………………..
3.
………………….
4.
………………….
5.
………………….
|
|
5
|
Antroposfer
|
1.
…………………..
2.
……………………
3.
…………………..
4.
……………………
5.
…………………….
|
|
Ulangan Harian 1
|
a. Pilihan Ganda
Pilihlah
jawaban yang paling benar pada soal di bawah ini dengan memberi tanda X
(silang)!
1.
Secara garis besar ruang lingkup geografi
adalah….
a. Geografi fisik dan
geografi kewilayahan
b. Geografi fisik, human
geography, fitogeografi
c. Geografi fisik dan
geografi manusia
d. Geografi fisik,
geografi manusia, fitogeografi, dan zoogeografi
e. Geografi manusia,
geografi fisik dan zoogeografi
2.
Ilmu yang mempelajari relief bumi dan segala
proses yang menghasilkan bentuk-bentuk yang ada di permukaan bumi disebut….
a. Geomorfologi d. klimatologi
b. Geologi e. geografi
c. Geodesi
3.
Manusia sebagai makhluk individu maupun sosial,
budaya tidak bisa lepas dengan lingkungan hidupnya, paham geografi yang
mengatakan bahwa kehidupan manusia masih kuat ditentukan oleh lingkungan
alamnya disebut….
a. Posibilisme d. determinisme
b. Adaptik dinamik e. probabilisme
c. Sistematik
4.
Geografi merupakan suatu studi tentang
persamaan dan perbedaan geosfer. Oleh karena itu geosfer merupakan….
a.
Objek
fungsional geografi
b.
Objek
formal geografi
c.
Objek
regional geografi
d.
Objek
lingkungan geografi
e.
Objek
material geografi
5.
Di daerah perkotaan terjadi pemusatan penduduk
berdasarkan keadaan social ekonomi, misalnya kawasan permukiman kumuh,
permukiman kelas menengah dan permukiman
elit. Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah konsep….
a. Lokasi d. interaksi
b. Aglomerasi e. diferensiasi areal
c. Pola
6.
Kemacetan yang banyak terjadi di kota-kota
besar membuat waktu tempuh dan biaya transportasi bertambah. Kondisi ini sesuai
dengan konsep….
a. Keterjangkauan d. lokasi
b. Jarak e. diferensiasi
areal
c. Aglomerasi
7.
Kepulauan Indonesia terletak di antara dua
benua dan smaudera. Posisi tersebut dinamakan letak….
a. Strategis d.
geologis
b. Astronomis e. klimatologis
c. Geografis
8.
Indonesia secara astronomis terletak pada 60
Lu-110 LS dan 950 BT-1410 BT disebut
letak atau lokasi….
a. Relatif d. Absolut
b. Pasti e. Strategis
c. Geografis
9.
Desa mensuplai bahan makanan bagi penduduk
wilayah kota, wilayah kota memberikan informasi tentang teknologi dan ilmu
pengetahuan, kedua wilayah tersebut saling mempengaruhi. Uraian ini menunjukkan
adanya konsep…..antara desa dengan kota
a. Aglomerasi d. lokasi
b. Interaksi e. jarak
c. Nilai kegunaan
10. Tingginya
curah hujan, mengakibatkan perbedaan jensi tanaman yang tumbuh di setiap
wilayah. Hutan hujan tropic banyak dijumpai pada daerah yang terletak antara 100 LU- 100 LS, seperti di
Kalimantan, Sumatera, Afrika Selatan, dan Brazil. Prinsip geografi yang
berkaitan dengan hal tersebut adalah…
a. Prinsip interaksi
b. Prinsip korologi
c. Prinsip deskripsi
d. Prinsip interelasi
e. Prinsip penyebaran
11. Merebaknya
penebangan hutan di beberapa wilayah di Indonesia dan didukung oleh tingginya
curah hujan, dapat mengakibatkan banjir dan tanah longsor yang memakan korban
dan harta benda.
Pendekatan geografi
untuk menganalisis hal tersebut adalah….
a. Pendekatan keruangan
b. Pendekatan topik
c. Pendekatan kompleks
wilayah
d. Pendekatan ekologi
e. Pendekatan korologi
12. Perhatikan
pernyataan berikut ini!
1)
Gempa
bumi
2)
Kelaparan
3)
Banjir
bandang
4)
Wabah
penyakit, dan
5)
Badai
tornado
Yang termasuk aspek
geografi fisik ditunjukkan nomor….
a. 1), 2) dan 3)
b. 1), 2), dan 4)
c. 1), 3), dan 5)
d. 2), 4), dan 5)
e. 3), 4) dan 5)
13. Perhatikan
pernyataan berikut ini!
1)
Hujan
badai
2)
Gempa
bumi
3)
Transmigrasi
4)
Urbanisasi
5)
Daerah
kumuh
6)
Tanah
longsor
Yang termasuk aspek geografi social adalah nomor….
a. 1), 2) dan 5)
b. 1), 2), dan 6)
c. 2), 3), dan 4)
d. 3), 4), dan 5)
e. 4), 5), dan 6)
14. Pemerintah
melaksanakan program transmigrasi dengan perencanaan yang matang dari penentuan
lokasi sampai penempatan transmigran. Pendekatan geografi yang digunakan
pemerintah dalam studi pelaksanaan program transmigrasi adalah pendekatan….
a. Ekologi d. Keruangan
b. Diferensiasi area e. Korologi
c. Kompleks wilayah
15. Pengertian
geografi sebagai suatu ilmu pengetahuan mengenai persamaan dan perbedaan gejala
alam dan kehidupan di muka bumi serta interaksi antara manusia dengan
lingkungannya dalam konteks keruangan dan kewilayahan dicetuskan pada seminar
dan lokakarya….
a.
Seminar
dan lokakarya Ikatan Ahli Geologi Indonesia
b.
Ikatan
Geografi Indonesia
c.
Ikatan
Guru Geografi seluruh Indonesia
d.
Ikatan
Ahli Kartografi Indonesia
e.
Ikatan
Ahli Geografi dan Kartografi Indonesia
b. Essay
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan ini pada selembar kertas dengan jawaban yang paling
benar!
1.
Jelaskan
minimal 5 Konsep Geografi beserta contohnya!
2.
Jelaskan
3 pendekatan geografi!
3.
Jelaskan
perbedaan antara objek material dan objek formal geografi!
4.
Tuliskan
minimal 5 ilmu penunjang geografi fisik! Dan jelaskan pengertiannya
masing-masing!
5.
Jelaskan
4 prinsip geografi!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar